cara membuat ikan bawal goreng

Halo sahabat sidikQurban, apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat ikan bawal goreng. Ikan bawal goreng adalah salah satu hidangan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tekstur dagingnya yang lembut dan cita rasanya yang gurih membuat ikan bawal goreng menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan sehari-hari maupun saat ada acara spesial. Tidak hanya lezat, ikan bawal goreng juga mudah dibuat di rumah. Nah, langsung saja, berikut adalah cara membuat ikan bawal goreng yang bisa kamu coba di dapurmu sendiri.

Bahan-bahan:

1. 1 ekor ikan bawal, bersihkan dan iris menjadi beberapa bagian
2. 2 sendok makan air jeruk nipis
3. 1 sendok teh garam
4. 1/2 sendok teh merica bubuk
5. 2 butir telur, kocok lepas
6. Tepung terigu secukupnya
7. Minyak goreng untuk menggoreng
8. Daun seledri dan irisan jeruk nipis untuk pelengkap

Cara Membuat:

1. Mengolah Ikan Bawal

Ikan bawal yang akan digoreng perlu diolah terlebih dahulu agar cita rasanya lebih enak. Pertama, lumuri ikan bawal dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 10-15 menit agar bumbu meresap dengan baik. Kemudian, bilas ikan bawal dengan air bersih untuk menghilangkan bau amis yang mungkin masih ada pada ikan.

2. Melapisi Ikan Bawal dengan Tepung

Selanjutnya, siapkan tepung terigu dan telur kocok lepas dalam dua wadah terpisah. Ambil satu potong ikan bawal, celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan ikan bawal tersebut ke dalam tepung terigu hingga seluruh bagian ikan tertutupi oleh tepung. Lakukan langkah yang sama untuk sisa potongan ikan bawal.

3. Menggoreng Ikan Bawal

Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, masukkan potongan ikan bawal ke dalam wajan. Goreng ikan bawal hingga kedua sisi berwarna keemasan. Pastikan ikan matang merata dan warnanya tidak terlalu cokelat agar tidak terlalu kering. Angkat ikan bawal dan tiriskan dari minyak.

4. Penyajian

Atur ikan bawal goreng di atas piring saji. Sajikan dengan daun seledri dan irisan jeruk nipis sebagai pelengkap. Ikan bawal goreng siap disantap!

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan):

1. Bagaimana jika tidak mempunyai jeruk nipis?

Kamu bisa mengganti air jeruk nipis dengan air lemon atau cuka apel sebagai pengganti. Hal itu tetap memberikan rasa segar pada ikan bawal goreng.

2. Apa yang harus dilakukan jika ikan bawal terlalu berminyak saat digoreng?

Jika ikan bawal terlalu berminyak saat digoreng, kamu bisa menyerap kelebihan minyak dengan menggunakan kertas minyak atau tisu dapur. Tempelkan kertas minyak pada ikan yang sedang meneteskan minyak dan tekan perlahan untuk menyerap minyak berlebih.

3. Apa saja bumbu lain yang bisa ditambahkan pada ikan bawal goreng?

Selain bumbu yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menambahkan bumbu seperti bawang putih atau jahe yang dihaluskan. Hal ini akan memberikan aroma dan rasa yang lebih khas pada ikan bawal goreng.

4. Apakah tepung terigu bisa diganti dengan tepung maizena?

Ya, kamu bisa mengganti tepung terigu dengan tepung maizena untuk melapisi ikan bawal. Tepung maizena akan memberikan tekstur yang lebih renyah pada ikan bawal goreng.

5. Apa yang harus dilakukan jika ikan bawal terlalu berbau amis?

Jika ikan bawal masih tercium bau amis setelah dicuci, kamu bisa merendam ikan dalam air jeruk nipis atau air asam selama 15-20 menit sebelum mengolahnya. Air jeruk nipis atau air asam akan membantu menghilangkan bau amis pada ikan.

6. Berapa lama ikan bawal perlu digoreng?

Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng ikan bawal tergantung pada ketebalan dan ukuran potongan ikan. Secara umum, ikan bawal yang digoreng perlu dimasak selama 8-10 menit atau hingga kedua sisi ikan berwarna keemasan.

7. Apa yang harus dilakukan jika ikan bawal tidak matang merata?

Jika ikan bawal tidak matang merata, kamu bisa memperpanjang waktu penggorengan. Pastikan juga suhu minyak yang digunakan tetap stabil agar ikan matang secara merata.

8. Apakah bisa menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggoreng ikan bawal?

Ya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menggoreng ikan bawal. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak zaitun memiliki titik asap yang lebih rendah, sehingga perlu dijaga agar minyak tidak terlalu panas saat penggorengan.

9. Bagaimana cara mengetahui apakah minyak sudah cukup panas?

Untuk mengetahui apakah minyak sudah cukup panas, kamu bisa menguji suhu minyak dengan cara meletakkan sepotong tepung dalam minyak. Jika tepung langsung menggelegak dan naik ke permukaan, berarti minyak sudah panas dan siap digunakan.

Kesimpulan:

Setelah mengetahui cara membuat ikan bawal goreng yang sederhana ini, sekarang kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bumbu dan rempah yang sesuai dengan selera kamu. Ingat, pilihan ikan yang segar dan kualitas minyak yang digunakan juga mempengaruhi hasil akhir dari ikan bawal gorengmu. Nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan teman-temanmu. Selamat mencoba!

Tertarik untuk mencoba resep ini? Langsung praktikkan di dapurmu dan bagikan pengalamanmu kepada kami. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang mungkin membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *